Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Contoh Soal Jawaban RPL



1. Analisis sistem didefinisikan bagaimana memahami dan menspesifikasi dengan detail apa yang harus dilakukan oleh sistem.
     a. True
     b. False

2. Langkah langkah yang dilakukan pada metode analisis Jackson System Development (JSD) adalah, kecuali
     a. Entity Action Step (Langkah aksi entitas)
     b. Testing Step (langkah pengujian)
     c. Entity Structure step (Langkah tatanan entitas)
     d. Initial Model (Langkah model awal)

3. Beberapa elemen penting dalam use case diagram, yaitu:
     a. Aktor (actor), yang menjelaskan suatu entitas yang berada di luar sistem.
     b. Assosisasi (association), menunjukkan aktor yang berinteraksi dengan use case dalam                        suatu sistem.
     c. semua jawaban benar
     d. <<Include>> yaitu jenis relasi dari suatu use case yang menyatakan ketergantungan terhadap suatu use case lain.

4. Flowchart Adalah Diagram untuk menggambarkan aliran data dalam sistem, sumber dan tujuan data, proses yang mengolah data tersebut, dan tempat penyimpanan datanya
     a. True
     b. False

5. Metode analisis yang berorientasi objek mempunyai focus utama pada struktur data dan bukan pada aliran datanya.
     a. True
     b. False

6. metode pengembangan sistem yang berorientasi objek diantaranya adalah, kecuali :
     a. Object Oriented Software Engineering (OOSE)
     b. Internet Of Thing (IoT)
     c. Object Modelling Technique (OMT) dari James Rumbaugh [1987].
     d. Object Oriented Analysis (OOA) dan Object Oriented Design (OOD) dari Peter Coad dan                   Edward Yourdon [1990].

7. Sintesis dalam analisis adalah Mengubah kebutuhan yang belum terstruktur menjadi model atau gambar dengan memanfaatkan teknik dan metode analisis tertentu.
     a. True
     b. False

8. Kebutuhan adalah Kondisi atau kemampuan yang diperlukan pemakai untuk menyelesaikan suatu persoalan, atau untuk mencapai sebuah objek.
     a. True 
     b. False

9. Yang bukan metode analisis
     a. Metode berorientasi keinginan user
     b. Metode berorientasi Objek
     c. Metode berorientasi aliran data
     d. Metode berorientasi Struktur Data
10. Tujuan tahap analisis adalah :
     a. Mendefinisikan semua kebutuhan pemakai sesuai dengan lingkup kontrak yang disepakati kedua belah pihak (pengembang dan pengguna).
     b. Menjabarkan kebutuhan pemakai
     c. semua benar
     d. Meletakkan dasar-dasar untuk tahap perancangan perangkat lunak

11. Tahap analisis adalah tahapan pengumpulan kebutuhan-kebutuhan dari semua elemen sistem perangkat lunak yang akan di bangun.
     a. True 
     b. False

12. Yang termasuk prinsip analisis yaitu :
     a. Menggambarkan keinginan user
     b. Mendefinisikan perencanaan sistem
     c. Mendefinisikan perhitungan biaya
     d. Menghasilkan model yang menggambarkan informasi, fungsi dan kelakuan yang                  dibagi secara rinci pada sebuah model lapisan (hirarki)

13. Kegunaan analisis adalah untuk memodelkan permasalahan dunia nyata agar dapat dimengerti. 
     a. True
     b. False

14. penggambaran DFD fisik dilakukan untuk alasan, kecuali :
      a. Memberikan informasi tentang keinginan user diawal pertemuan
      b. Kemudahan tahap awal dalam menguraikan interaksi antar komputer fisik suatu sistem.
      c. Merupakan salah satu cara yang mudah untuk mendapatkan pengesahan dan verifikasi dari                   pemakai.
      d. Memberi kemudahan bagi pihak pemakai untuk memahami sistem dilihat dari sudut                             pandangnya.

15. kebutuhan adalah Kondisi atau kemampuan yang diperlukan pemakai untuk menyelesaikan suatu persoalan, atau untuk mencapai sebuah objek
     a. True
     b. False

16. Kelas entitas digunakan menangani informasi yang mungkin akan disimpan secara permanen
     a. True
     b. False

17. Yang termasuk prinsip analisis yaitu :
      a. Menggambarkan keinginan user
      b. Mendefinisikan perencanaan sistem
      c. Mendefinisikan perhitungan biaya
     d. Menghasilkan model yang menggambarkan informasi, fungsi dan kelakuan yang dibagi             secara rinci pada sebuah model lapisan (hirarki)

18. Kelas entitas digunakan menangani informasi yang mungkin akan disimpan secara permanen
     a. True
     b. False

19. Diagram deployment juga dapat digunakan untuk memodelkan hal- hal berikut, kecuali: 
     a. Sistem Hardwarwe dan jaringan
     b. Sistem client dan server.
     c. Sistem terdistribusi murni dan rekayasa ulang aplikasi.
     d. Sistem tambahan (embedded system) yang menggambarkan rancangan device, node, dan                    hardware.

20. Deployment diagram menunjukan konfigurasi komponen dalam proses pemeliharaan aplikasi
     a. True
     b. False

21. Diagram deployment juga dapat digunakan untuk memodelkan hal- hal berikut:
     a. Sistem client dan server.
     b. Sistem terdistribusi murni dan rekayasa ulang aplikasi.
     c. Sistem tambahan (embedded system) yang menggambarkan rancangan device, node, dan                     hardware.
     d. Semua jawaban benar

22. beberapa elemen penting dalam use case diagram, yaitu:
     a. <<Include>> yaitu jenis relasi dari suatu use case yang menyatakan ketergantungan terhadap               suatu use case lain.
     b. Assosisasi (association), menunjukkan aktor yang berinteraksi dengan use case dalam suatu                 sistem.
     c. Aktor (actor), yang menjelaskan suatu entitas yang berada di luar sistem.
     d. semua jawaban benar

23. Diagram aktivtas atau activity diagram menggambarkan workflow (aliran kerja) atau aktivitas dari sebuah sistem atau proses bisnis. Yang perlu diperhatikan di sini adalah adalah bahwa diagram aktivitas menggambarkan aktivitas sistem bukan apa yang dilakukan aktor, jadi aktivitas yang dapat dilakukan oleh sistem
     a. True
     b. False

24. Statemachine diagram atau dalam bahasa Indonesia disebut diagram mesin status digunakan untuk menggambarkan perubahan status atau transisi status dari sebuah mesin atau sistem.
     a. True
     b. False

25. Generalisasi (generalization), yang menggambarkan hubungan antara suatu aktor atau suatu use case.
     a. True
     b. False

26. Tujuan tahap analisis adalah :
      a. Menjabarkan kebutuhan pemakai
      b. Mendefinisikan semua kebutuhan pemakai sesuai dengan lingkup kontrak yang disepakati                  kedua belah pihak (pengembang dan pengguna).
      c. semua benar
      d. Meletakkan dasar-dasar untuk tahap perancangan perangkat lunak

27. Keuntungan Antarmuka Perintah adalah:
      a. Banyak teknik-teknik pemrosesan bahasa (Kompiler)
      b. Tampilan alpha numeric – murah
      c. Penggabungan perintah-perintah sederhana dan mudah dikembangkan
      d. Antarmuka sederhana

28. usecase digunakan untuk mengetahui fungsi atau proses apa saja yang ada di dalam sebuah aplikasi dan siapa saja yang berhak menggunakan fungsi-fungsi atau proses-proses itu.
     a. True
     b. False

29. Analisis sistem didefinisikan bagaimana memahami dan menspesifikasi dengan detail apa yang harus dilakukan oleh sistem.
     a. True
     b. False

30. Flowchart Adalah Diagram untuk menggambarkan aliran data dalam sistem, sumber dan tujuan data, proses yang mengolah data tersebut, dan tempat penyimpanan datanya.
     a. True
     b. False

31. Understandable adalah sulit dimengerti oleh pemrograman, analisis sistem atau sistem engineer.
     a. True
     b. False

32. Yang bukan Syarat Pembentukan SRS Select one:
      a. Mampu untuk ditelusuri kembali (tracebility)
      b. Diuraikan dengan jelas, simple, sederhana dan concise (Jelas, tidak ambiguous)
      c. sulit diidentifikasi
      d. Bisa divalidasi dan bisa dites (test reliable, test accessable).

33. Yang tidak termasuk aspek SRS Non-Fungsi adalah Select one:
       a. Contraint
       b. Performance
       c. Ergonomic
      d. Economic

34. Keberhasilan pengembangan perangkat lunak bisa dilihat dari
      a. Ketelitian dari pembuatnya
      b. Jawabannya semua benar
      c. Integritas
     d. Kualitas dari spesifikasi perangkat lunaik yang dihasilkan (Baik, jika ada sedikit kesalahan).

35. Sistem analyst (sistem engineer) adalah pemakai SRS 
     a. True
     b. False

36. Ketelitian dari model pengembangan yang digunakan untuk meramal atribut perangkat lunak.
     a. True
     b. False

37. Hal hal yang harus dihindari saat pembentukan SRS Select one:
      a. Over specification (penjelasan berlebih dan berulang-ulang sehingga menjadi tidak jelas)
      b. Ambiguity dalam kata atau kalimat
      c. Tindakan unconcistency
     d. Jawabannya semua benar

38. Technical Support bertugas Memantau dan merawat performansi sistem perangkat lunak yang dibuat selama pelaksanaan dan pada saat modifikasi muncul (80% dari pekerjaan).
     a. True
     b. False

39. yang bukan merupakan contoh layout SRS pada Bab Pendahuluan adalah
      a. Definisi
      b. Kebutuhan fungsional
      c. Ruang lingkup
     d. Tujuan

40. Atribut SRS dikatakan Lengkap (complete) jika dilihat dari dua sudut pandang : Select one:
      a. Dokumen membuat tabel isi, nomor halaman, nomor gambar, nomor tabel, dan sebagainya.
      b. Tidak ada bagian yang hilang (to be define) yaitu tulisan yang akan didefinisikan kemudian
      c. Kedua jawaban benar
      d. Kedua jawaban salah

41. Tujuan SRS adalah Menguraikan definisi masalah dan Menguraikan masalah dengan tepat dengan cara yang tepat pula
     a. True
     b. False

42. Staff dan Clerical Work Bertugas mengetik, memasukkan data dan membuat dokumen. 
     a. True
     b. False

43. Software Requirements Spefication (SRS) adalah sebuah dokumen yang berisi pernyataan lengkap dari apa yang dapat dilakukan oleh perangkat lunak, tanpa menjelaskan bagaimana hal tersebut dikerjakan oleh perangkat lunak.
     a. True
     b. False

44. Orang yang terlibat dalam pembuatan SRS diantaranya, kecuali
      a. Consultant
      b. User
      c. System Analyst
      d. Client

45. Programmer Menerima spesifikasi perancangan perangkat lunak, membuat kode dalam bentuk modul, menguji dan memeriksa (tes) modul.
     a. True
     b. False

JSI-Tech Solution
JSI-Tech Solution Penyedia Jasa Setting alat jaringan di Bandung.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)"