Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi wajib untuk IT Support

Aplikasi wajib untuk IT Support


Sekarang sudah banyak lowongan lowongan pekerjaan di bidang IT salah satunya yaitu Thecnical Support atau ada pula yang menjadi IT Support, memang di satu instansi baik itu kantor, Hotel, Sekolah, kampus pastinya memiliki Satu atau lebih orang ITnya bukan, nah untuk kali ini penulis akan memberikan beberapa aplikasi yang kebanyakan mereka pakai untuk bekerja baik itu Thecnical Support maupun IT Support.

1. Winbox

Winbox adalah Utility untuk melakukan remote GUI ke Router Mikrotik. Kebanyakan mereka yang bergeluti menjadi Thecnical Support di suatu instansi ISP(Internet Service Provider) di laptop mereka pasti adaya aplikasi Winbox ini.

2. Putty

Putty adalah emulator terminal gratis dan open-source, konsol serial dan aplikasi transfer file jaringan. Ini mendukung beberapa protokol jaringan, termasuk SCP, SSH, Telnet, rlogin, dan koneksi soket mentah. Itu juga dapat terhubung ke port serial. Nama "Putty" tidak memiliki arti resmi. Putty ini sering digunakan untuk remote konfigurasi Switch Cisco, Konfigurasi Radio Wireless, dll.

Baca Juga : TERBARU! Cara Menginstall Windows 7

3. Advanced IP Scanner

Advanced IP Scanner adalah Pemindai jaringan andal dan gratis untuk menganalisis LAN. Program menampilkan semua perangkat jaringan, memberi Anda akses ke folder bersama, menyediakan remote control komputer (melalui RDP dan Radmin), dan bahkan Anda bisa menonaktifkan komputer dari jarak jauh. Mudah digunakan dan beroperasi sebagai edisi portabel. Akan menjadi pilihan pertama untuk setiap admin jaringan.

4.VNC Viewer

VNC adalah Aplikasi remote komputer melalui jaringan lokal (tidak lewat Internet). Aplikasi ini Cocok untuk Server VNC yang mana saja, entah itu Real VNC maupun Tight VNC.
Dengan VNC client di genggaman, kita tidak perlu lagi harus membuka laptop dulu untuk bisa membantu pegawai yang mengalami trouble. program ini hampir sama dengan remote komputer sejenisnya seperti Teamviewer, UltraViewer, AnyDesk dan sejenisnya.

5. Visio

Microsoft Visio adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir, brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya. Visio ini banyak digunakan oleh para IT Support/ Thecnical Support untuk membuat Single Line Diagram Topologi Jaringan.

6. Wireshark

Wireshark adalah penganalisis paket bebas dan sumber terbuka. Perangkat ini digunakan untuk pemecahan masalah jaringan, analisis, perangkat lunak dan pengembangan protokol komunikasi, dan pendidikan. 

7. inSSIDer


inSSIDer ialah software yang berguna untuk memindai jaringan dalam jangkauan antena Wi-Fi komputer Anda, melacak kekuatan sinyal dari waktu ke waktu, dan menentukan pengaturan keamanan mereka (termasuk apakah atau tidak mereka dilindungi oleh password).

8. Browser (Chrome, Mozilla,dll)

Browser adalah salah satu jenis perangkat lunak (software) yang umumnya digunakan untuk membuka halaman website di internet.  kebanyakan para IT Support Thecnical Support menggunakan untuk mengkonfigurasi radio wireless, untuk speedtest, dll.

9. Command Prompt

Command Prompt adalah aplikasi juru bahasa baris perintah yang tersedia di sebagian besar sistem operasi Windows. Ini digunakan untuk menjalankan perintah yang dimasukkan. Sebagian besar dari perintah itu mengotomatiskan tugas-tugas melalui skrip dan file batch, melakukan fungsi administrasi tingkat lanjut, dan memecahkan masalah atau memecahkan beberapa jenis masalah Windows. Salah satu yang biasa IT gunakan dengan aplikasi ini ialah selain untuk test suatu koneksi di Laptop dengan "ping 8.8.8.8" bisa juga digunakan untuk mengetahui ip perangkat dengan tidak melihat ke bagian network itu sendiri dengan menggunakan printah "ipconfig"

diatas merupakan yang kebanyakan para IT Support dan Thecnical Support gunakan di laptopnya masing-masing, contohnya penulis sendiri yang pekerjaan bergeluti di Thecnical Support hampir semua program diatas penulis gunakan meskipun banyak lagi sih program program yang digunakan, Cukup sekian dari penulis sampai berjumpa di artikel selanjutnya.
JSI-Tech Solution
JSI-Tech Solution Penyedia Jasa Setting alat jaringan di Bandung.

Posting Komentar untuk "Aplikasi wajib untuk IT Support"