Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tool Set Yang Biasa Digunakan untuk Keperluan Fiber Optik

 Tool Set Untuk Fiber Optik


Menjadi Teknisi/Technical Support lapangan Fiber Optik pastinya mempunyai tool seat tersendiri berbeda dengan teknisi dari listrik atau yang lainnya, beberapa ini akan babang gambarkan atau ulaskan beberapa tool seat yang perlu kamu siapkan jika akan membangun jaringan FTTH tersendiri.

1. Fusion Splicer



Fusion splicer atau sering dikenal sebagai alat uuntuk menyambungkan serat optik ini merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menyambungkan sebuah core serat optik, dimana serat tersebut terbuat dari kaca, dan mengimplementasikan suatu daya listrik yang telah dirubah menjadi sebuah media sinar berbentuk laser

2. Stripper atau Miller



Sama seperti kabel-kabel yang lain, salah satunya seperti kabel coaxial atau kabel UTP, kabel fiber optik juga memerlukan alat ini. Alat ini berfungsi sebagai media untuk memotong dan mengupas kulit dan daging kabel itu sendiri.

3. Cleaver


Cleaver Tools ini mempunyai fungsi untuk memotong core yang kulit kabel optic-nya sudah dikupas, perlu kalian ketahui juga bahwa pemotongan core ini wajib menggunakan alat khusus ini, karena pada serat kacanya akan terpotong dengan rapih. Jika proses ini berhasil dilakukan dengan baik maka tahapan selanjutnya, kalian bisa teruskan ke tahap jointing.

4. Optical Power Meter (OPM)



Alat yang satu ini memiliki fungsi untuk mengetahui besaran seberapa kuat daya dari signal cahaya yang sudah masuk, OPM ini juga mempunyai interface FC yang langsung berhubungan dengan pathcore FC. Bagi temen-temen semua yang belum mengetahui rumus yang digunakan untuk melakukan proses ini, berikut ini adalah rumus untuk menghitungnya. :

(TX -TX =..dB dibagi jarak (km)

5. Optical Time Domain Reflectormeter (OTDR)



OTDR merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mendeteksi komunitas atau himpunan suatu kabel serat optik dalam jarak tempuh tertentu, sehingga dengan adanya alat ini diharapkan mampu menghasilkan jarak dari dua sisi yang merupakan ukuran gangguan yang terjadi. Sehingga untuk melakukan troubleshooting dapat dilakukan dengan baik, karena akan sangat mudah menentukan suatu letak lokasi gangguan yang tengah terjadi.

6. Visual Fault Locator VFL 



Visual Fault Locator atau sering di sebut senter laser digunakan untuk mengukur serat kaca yang bisa terukur dengan kekuatan tembak cahaya up to 15 km. Dapat digunakan untuk memastikan apakah kabel Fiber optik di jaringan anda tidak putus maupun cross.

7. Stripper Dropcore Fiber Optic


Stripper Dropcore atau biasa disebut dengan Tang Pengupas kabel dropcore berfungsi untuk mengupas kuliat atau jaket pelindung dari dropcore fiber optik agar tersisa Core atau inti dari kabel Fiber Optik.

Berikut diatas adalah beberapa tool seat yang biasa digunakan oleh temen-temen teknisi dilapangan selebihnya mereka ada juga yang membawa tang potong, palu, dll. 

JSI-Tech Solution
JSI-Tech Solution Penyedia Jasa Setting alat jaringan di Bandung.

Posting Komentar untuk "8 Tool Set Yang Biasa Digunakan untuk Keperluan Fiber Optik"