Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengubah Web Browser Firefox atau Chrome menjadi default

Cara mengubah Web Browser Firefox Menjadi Default






Setiap komputer dan perangkat seluler dilengkapi dengan browser web default . Windows 10 dan 11 menggunakan Edge, sedangkan perangkat Apple menjalankan Safari. Di Android, defaultnya mungkin Google Chrome, browser Internet Samsung, atau yang lainnya , seperti browser stok Android yang lazim di model lama.

Namun, Anda tidak harus tetap menggunakan default itu. Dengan mengubahnya, tautan atau file berbasis web apa pun yang Anda pilih akan terbuka di browser pilihan Anda. Berikut cara beralih untuk setiap jenis sistem operasi dan platform.


Ditetapkan oleh Peramban

Inilah langkah pertama yang harus Anda coba. Sebelum menavigasi ke pengaturan aplikasi di komputer Windows atau macOS, Anda dapat membuka browser yang diinginkan dan mengaturnya sebagai default.

Untuk melakukannya di Google Chrome, klik ikon tiga titik di kanan atas dan buka Setelan > Peramban default . Klik tombol untuk Jadikan default. Di Firefox, klik ikon hamburger di kanan atas dan pilih Pengaturan. Di bagian Umum, klik Jadikan default . Di Microsoft Edge, klik ikon tiga titik di kanan atas dan buka Pengaturan > Browser default . Klik tombol untuk Jadikan default.



Trik yang sama berfungsi untuk browser lain. Di Opera, klik ikon hamburger di kanan atas. Klik tautan untuk Buka pengaturan browser lengkap . Gulir ke bawah halaman ke bagian Peramban bawaan dan klik tombol Jadikan bawaan. Di browser Brave, klik ikon hamburger dan buka Pengaturan. Di bagian Memulai layar Pengaturan, klik tombol Jadikan default. Dan di browser Vivaldi , klik ikon pengaturan di pojok kiri bawah layar. Di bagian Umum, klik tombol Set as default.


Windows 11

Untuk Windows 11 , Edge adalah defaultnya. Awalnya, Microsoft mempersulit orang untuk mengubah default ke browser lain. Namun setelah banyak keluhan, perusahaan tersebut melonggarkan prosesnya . Untuk mengubah default, buka Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Default . Gulir ke bawah layar dan pilih browser yang ingin Anda atur sebagai default. Klik tombol untuk Tetapkan default.



Tindakan itu mengubah default untuk sebagian besar file terkait browser, termasuk HTM, HTML, HTTP, dan HTTPS. Namun, beberapa file terkait web masih terkait dengan Microsoft Edge. Untuk beralih sepenuhnya, gulir ke bawah layar dan cari ekstensi lain, seperti SHTML, XHT, XHTML, dan FTP. Klik ekstensi tertentu di antara ini dan pilih browser pilihan Anda dari daftar.

Windows 10

Dengan Windows 10 , Microsoft mengganti Internet Explorer dengan Edge, yang menerima  perombakan berbasis Chromium pada tahun 2020. Secara alami, Microsoft menyarankan agar Anda tetap menggunakan browsernya sendiri, tetapi Anda dapat mengubah defaultnya. Arahkan ke Setelan > Aplikasi > Aplikasi Default . Gulir ke bawah daftar aplikasi dan klik satu untuk browser Web. Pilih dari antara Firefox, Chrome, atau program lain yang telah terinstal atau yang dapat Anda unduh dari Microsoft Store. 



Windows 8.1

Di Windows 8.1, Anda awalnya terjebak dengan Internet Explorer sebagai browser default. Matikan dengan membuka bilah Mantra dan mengklik ikon Pengaturan. Pada panel Pengaturan, buka  Ubah Pengaturan PC > Pencarian dan aplikasi > Default . Dari sini, prosesnya mirip dengan yang ada di Windows 10. Pilih default saat ini untuk browser Web dan ubah ke browser pilihan Anda.



Windows 7

Microsoft  berhenti menawarkan  pembaruan keamanan untuk Windows 7 pada Januari 2020, jadi Anda harus mempertimbangkan untuk memutakhirkan ke OS yang lebih modern dan aman. Jika tidak, Internet Explorer adalah browser default, meskipun proses untuk mengubahnya berbeda dari pada Windows 10 dan 8.1. Buka Panel Kontrol dalam tampilan ikon, buka Default Programs , dan klik tautan untuk Tetapkan program default Anda. Pilih browser yang ingin Anda gunakan sebagai default. Status menunjukkan bahwa browser default baru saat ini memiliki X dari sejumlah default tertentu. Klik Tetapkan program ini sebagai default , dan statusnya akan berubah untuk menunjukkan bahwa browser memiliki semua defaultnya.


MacOS

Mengubah browser default di Mac cepat dan tidak menyakitkan. Di Mac Anda, klik menu Apple di kiri atas layar, buka Preferensi Sistem, dan klik ikon Umum. Pada layar General, klik kotak drop-down di sebelah Default web browser dan ubah pilihan ke program pilihan Anda.


iOS dan iPadOS

Di masa lalu, Apple mencegah Anda mengganti browser default di iPhone atau iPad Anda, tetapi itu diubah dengan iOS 14 dan iPadOS. Untuk mengalihkan default dari Safari ke browser lain, buka Pengaturan. Geser ke bawah dan pilih browser yang Anda inginkan—Chrome, Firefox, Edge, atau yang lainnya. Ketuk entri untuk Aplikasi Browser Default dan pilih browser yang ingin Anda gunakan.


Android

Untuk menyetel Google Chrome sebagai browser web default di Android, Anda harus melalui setelan ponsel. Pengaturan ini akan berbeda tergantung pabrikannya, tetapi biasanya Anda dapat menggesek layar dari atas ke bawah dan mengetuk ikon roda gigi untuk masuk ke menu Pengaturan. Cari opsi yang bertuliskan Apps atau Apps & Notifications. Ketuk pengaturan untuk aplikasi Default. Ketuk entri untuk entri aplikasi Browser dan pilih Chrome sebagai default baru Anda.

Untuk mengatur Firefox sebagai browser default, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan bawah aplikasi dan pilih Pengaturan. Di layar Pengaturan, aktifkan sakelar untuk Tetapkan sebagai browser default . Jika sebuah jendela muncul menanyakan apakah Anda ingin mengatur Firefox sebagai aplikasi browser default Anda, pilih Firefox dan ketuk Atur sebagai default. Jika tidak, ketuk entri untuk aplikasi Browser dan ubah default ke Firefox.

Untuk Edge, ketuk ikon tiga titik dan pilih Pengaturan. Geser ke bawah layar Pengaturan dan ketuk Atur Microsoft Edge sebagai default . Sebuah jendela muncul menanyakan apakah Anda ingin mengatur Microsoft Edge sebagai browser default Anda. Ketuk tombol untuk Ya, ayo lakukan . Di layar Aplikasi default, pilih Aplikasi browser dan pilih Edge sebagai default baru.

Untuk browser Android lainnya seperti Brave, Opera, Vivaldi, dan DuckDuckGo, navigasikan langsung ke layar aplikasi Default di bawah Pengaturan. Ketuk entri untuk aplikasi Browser dan ubah default ke browser pilihan Anda.




Nah begitulah cara mengubah web browser di beberapa device. Semoga bisa membantu. Sekiannnnnnn
JSI-Tech Solution
JSI-Tech Solution Penyedia Jasa Setting alat jaringan di Bandung.

Posting Komentar untuk "Cara mengubah Web Browser Firefox atau Chrome menjadi default"