Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat Schedule Reboot pada Mikrotik

 Cara membuat Schedule Reboot pada Mikrotik


Cara membuat Schedule Reboot pada Mikrotik - Router adalah perangkat jaringan yang sangat penting
ada karena router bertindak sebagai gateway internet.Setiap pengguna yang ingin mengakses internet harus melalui router
sebelum Anda dapat terhubung ke internet. Selain menjadi gateway internet, router terkadang memiliki manajemen bandwidth, port forwarding, dan bahkan kemampuan memfilter. Dengan begitu banyak pekerjaan, itu berarti router harus bekerja terus menerus. Sama seperti manusia, jika terus menerus bekerja akan berdampak pada kesehatan, ternyata router juga sama. Tidak jarang router tiba-tiba hang dan menyebabkan koneksi terputus. Ada banyak alasan untuk situasi ini. Mungkin router terlalu panas, sistem operasi router (RouterOS) tidak dapat menjalankan perintah, beban CPU terlalu tinggi, atau cache di memori terlalu penuh.

Pertolongan pertama saat router hang biasanya adalah dengan melakukan restart/reboot manual unit router (cabut kabel power) atau klik menu di Winbox, tujuannya untuk istirahatkan router.

Ini juga yang biasa saya lakukan ketika klien mengeluh tentang koneksi Internet mati, setelah saya me-restart router saya menemukan koneksi baik-baik saja kembali seperti semula. sering memiliki klien saya jauh Router tiba-tiba hang dan koneksi jaringan terputus.Umumnya, ini adalah panggilan telepon untuk meminta pelanggan mencabut kabel listrik dan me-restart router secara manual.

Namun, karena hal ini sering terjadi, pada akhirnya pelanggan mengeluh dengan keras dan merasa kesal karena harus me-restart router secara manual setiap saat. Singkat cerita, akhirnya saya berpikir untuk membuat jadwal agar router otomatis restart jam 2 malam setiap hari, menggunakan scheduler tentunya.

Untuk melakukan schedule langkah pertama yang kita lakukan adalah dengan cara masuk terlebih dahulu ke mikrotik menggunakan winbox, Lalu klik menu System => Scheduler lalu klik add (+) untuk menambahkan New Schedule



Dengan mengklik tomboll add (+) akan tampil jendela new schedule seperti gambar di bawah ini, Nah disini nantinya diperlukan beberapa parameter yang harus di isi, diantaranya sebagai berikut :

Name : yaitu nama dari schedule yang akan dibuat, nama disini sifatnya bebas contoh saya akan menamakannya dengan Auto Reboot Start Date : yaitu tanggal kapan akan dimulainya schedule ini, setiap kali kita membuat schedule maka secara otomatis tanggalnya akan terisi sesuai dengan tanggal pada hari ini. Start Time : Yaitu waktu kapan akan dimulainya schedule, disini saya akan memulainya setiap pukul 02:00:00, jadi waktu dimulainya schedule ini akan dilakukan setiap pukul 2 Pagi. Interval : yaitu rentang waktu kapan schedule ini dijalankan kembali, disini saya membuatnya menjadi setiap hari pada pukul tersebul maka konfigurasinya seperti ini 1d 00:00:00 On Event : yaitu perintah yang akan dijalankan oleh schedule, karena kita akan membuat agar router ini me-restart secara otomatis maka perintahnya adalah /system reboot

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh gambar dibawah ini, klik tombol  Apply dan OK untuk menyimpan konfigurasi schedule yang telah dibuat.



Nah.. Demikianlah Cara membuat Schedule Reboot pada Mikrotik. Semoga bermanfaat jika ada pertanyaan bisa bertanya di kolom komentar guys

JSI-Tech Solution
JSI-Tech Solution Penyedia Jasa Setting alat jaringan di Bandung.

Posting Komentar untuk "Cara membuat Schedule Reboot pada Mikrotik"