Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ROUTER, Apaan tuh ?

Definisi, Cara Kerja dan Fungsi Router


Definisi, Cara Kerja dan Fungsi Router - Router  Merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk mengirimkan data paket antara dua atau lebih jaringan komputer. Router bekerja pada layer 3 dalam model referensi Open Systems Interconnection (OSI) dan dapat memindahkan paket data antara jaringan dengan menggunakan protokol jaringan seperti Internet Protocol (IP).


Cara Kerja


Cara kerja router sebenernya sangat sederhana. Router bisa diibaratkan sebagai pengontrol lalu lintas udara (ATC - Air Traffic Controller) dan paket data atau internet sebagai pesawatnya. Setiap pesawat pasti memiliki tujuannya masing-masing. Setiap pesawat perlu panduan agar bisa mencapai tujuannya seefisien mungkin.

Di sinilah router bekerja. Dengan cara yang sama seperti pengontrol lalu lintas udara, router memastikan agar setiap pesawat mampu mencapai tujuan tanpa tersesat dan mengalami gangguan di perjalanan. Router membantu mengarahkan paket data agar sampai ke alamat IP yang dituju secara efektif.

Untuk mengarahkan paket data secara efektif, router menggunakan tabel rute internal (Internal routing table) yaitu daftar jalur ke berbagai tujuan jaringan. Router membaca header dari paket daya dan menentukan kemana ia pergi.

Router kemudian menggunakan tabel routing untuk mencari tahu jalur yang paling efisien atau cepat ke tujuan itu. Setelah itu, router meneruskan paket jaringan berikutnya di jalur tersebut.


Fungsi Ke-1


Menghubungkan jaringan ke DSL

Salah satu fungsi router adalah menghubungkan jaringan lokal ke koneksi DSL (digital Subscriber Line). Biasanya, DSL router juga berguna sebagai firewall atau melindungi data untuk meningkatkan cyber security agar jaringan internet lebih aman. Dengan begitu, router bisa berfungsi sebagai memblokir lalu lintas data yang mencurigakan dan mencegah adanya broadcast storm yang membuat kinerja jaringan lambar.


Fungsi Ke-2


Mentransmisikan informasi

Router juga memiliki fungsi mentransmisikan informasi dari jaringan satu ke jaringan lain. ROuter menjembatani akses internet dengan sistem kerja networking bridge agar data dari suatu jaringan bisa dipakai oleh jaringan lain. Hal ini memungkinkan komputer bisa berkomunikasi, sehingga dapat terjadi pertukaran data antara node dalam sebuah jaringan.


Fungsi Ke-3


Membaca alamat IP

Router dapat membaca sumber dan tujuan alamat IP. Pembacaan alamat ini yang nantinya dapat menentukan routing dari satu node ke node lainnya dalam sebuah jaringan.


Fungsi Ke-4



Menyaring paket data

Selain mentransmisikan informasi, router juga dapat berfungsi untuk memfilterisasi paket data yang beroperasi pada suatu jaringan. Proses filtrasi akan mendukung kinerja jaringan internet dan mencegah perlambatan koneksi internet akibat trafik yang besar. Penyaringan paket data dilakukan berdasarkan aturan melalui alamat IP, Port TCP dan UDP.


Fungsi Ke-5



Menghubungkan jaringan

Dalam menjalankan fungsi utamanya, router menghubungkan jaringan ke beberapa perangkat agar tersedia pembagian paket data antar jaringan. Proses ini berlangsung dengan adanya distribusi alamat IP ke setiap perangkat dalam jaringan tertentu.






JSI-Tech Solution
JSI-Tech Solution Penyedia Jasa Setting alat jaringan di Bandung.

Posting Komentar untuk "ROUTER, Apaan tuh ?"