Contoh Soal Jawaban Permodelan & Simulasi
Contoh Soal Jawaban Permodelan & Simulasi
1. Sistem adalah kumpulan komponen-komponen yang saling berinteraksi dan mempunyai tujuan, berdasarkan definisi tersebut kumpulan buah-buahan (jeruk, apel, tomat semangka dll) termasuk sebuah sistem
a. True
b. False
2. Bentuk sederhana dari sistem adalah
a. Simulasi Model
b. Simulasi
c. Model
d. Perilaku
3. Tujuan simulasi adalah untuk
a. meneliti perilaku sistem
b. melakukan percobaan menggunakan sistem yang sebenarnya
c. tidak ada yang benar
d. membuat permainan
4. Hasil simulasi dengan menggunakan model akan lebih akurat jika dibandingkan
dengan menggunakan sistem yang sebenarnya
a. True
b. False
5. Secara umum tujuan dari permodelan dan simulasi yaitu
a. Hiburan/Permainan (Game)
b. Studi prilaku sistem (Behaviour)
c. Untuk pelatihan (Training)
d. semua benar
6. Pada sistem penambahan jumlah penduduk termasuk katagori sistem Kontinyu
a. True
b. False
7. Ciri Sistem
a. Situsi dan kondisi yang kompleks
b. Mempunyai tujuan yang hendak dicapai
c. semua benar
d. Adanya sekumpulan elemen
e. Adanya interaksi di antara elemen tersebut
8. Model Stokastik adalah katagori model yang perilakunya tidak pasti disebut juga
model probabilistik
a. True
b. False
9. Jenis sistem di bawah ini
a. sistem grafis
b. Semua benar
c. sistem fisik
d. Sistem abstrak
c. sistem fisik
d. Sistem abstrak
10. Bentuk sederhana dari sebuah sistem di sebut simulasi
a. True
b. False
11. Yang termasuk karakteristik sistem dibawah ini adalah
a. adanya boundary (batasan)
b. adanya elemen
c. semua benar
d. input
12. Tipe-tipe Simulasi yaitu... kecuali
a. Simulasi fisik berupa permainan
b. Simulasi stokastik atau deterministik
c. Simulasi dinamis atau statis
d. Simulasi Kontinu vs Diskrit
13. Kumpulan elemen yang saling berinteraksi dan mempunyai tujuan disebut simulasi
a. True
b. False
14. Jika sebuah perusahaan dikatakan sebuah sistem, maka yang termasuk lingkungan sistem adalah, kecuali
a. Supplier
b. Pesaing (perusahaan yang sejenis)
c. Karyawan
d. Pelanggan
15. Model yang dibangun berdasarkan pemikiran ke sistem-an yang baik, belum tentu akan menghasilkan simulasi yang baik
a. True
b. False
16. Sistem deterministik adalah sebuah sistem yang mempunyai perilaku tidak dapat di prediksi. Dengan kata lain sebuah sistem yang tidak pasti karena input, proses, dan outputnya tidak jelas.
a. True
b. False
17. Jika diketahui m=16, c=3, a=1 maka siklus terpanjangnya adalah ..
a. 64
b. 16
c. 32
d. 4
c. 32
d. 4
18. Penomena acak yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari antara lain...
a. Semua benar
b. Peluruhan Radio aktif
c. undian pada dadu
d. Terjadinya gangguan telepon
19. Penggunaan angka acak diantaranya untuk perjudian
a. True
b. False
20. 11 modulus 15 adalah
a. 15
b. 4
c. 11
d. Tidak ada yang benar
21. Yang berkaitan dengan angka acak diantaranya Kriftografi
a. True
b. False
22. 8 modulus 3 adalah..
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
23. model bilangan acak yang baik adalah mempunyai siklus yang relatif pendek agar mudah untuk dipelajari
a. True
b. False
24. Hanya satu-satunya pengunaan bilangan acak yaitu untuk simulasi
a. True
b. False
25.Jika m = 64, a = 13, X0 = 3 maka siklus terpanjang pada model tersebut adalah...
a. 32
b. 16
c. 8
d. 64
26. Jika di ambil angka awal 5678 maka dengan metode mid square diperoleh angka acak pertamanya adalah
26. Jika di ambil angka awal 5678 maka dengan metode mid square diperoleh angka acak pertamanya adalah
a. 0,32239684
b. 32239684
c. 2396
d. 0,2396
27. Metoda Mid Square salah satu langkahnya adalah mengkuadratkan 8 buah bilangan dan hasilnya dibagi dengan 10000
a. True
b. False
28. Jika m=8, c=3, a=3, dan nilai Xo = 5 maka X1 adalah
28. Jika m=8, c=3, a=3, dan nilai Xo = 5 maka X1 adalah
a. Tidak ada yang benar
b. 7
c. 24
d. 32
29. Diketahui : Xn = 17X(n-1) + 43, dan m= 100 maka X1 adalah:
29. Diketahui : Xn = 17X(n-1) + 43, dan m= 100 maka X1 adalah:
a. 4
b. 0.04
c. 0.02
d. 2
30. Bilangan acak ke dua dari metoda MID SQUARE dengan angka awal 5678 adalah
30. Bilangan acak ke dua dari metoda MID SQUARE dengan angka awal 5678 adalah
a. 5740816
b. 0,7408
c. 0,4081
d. 54878464
31. Kelemahan metoda MID SQUARE adalah jika mendapatkan hasil kuadrat lebih dari 8 digit
b. 0,7408
c. 0,4081
d. 54878464
31. Kelemahan metoda MID SQUARE adalah jika mendapatkan hasil kuadrat lebih dari 8 digit
a. True
b. False
32. Jika m=8, c=3, a=3, dan nilai Xo = 5 maka siklus terpanjangnya adalah 16
32. Jika m=8, c=3, a=3, dan nilai Xo = 5 maka siklus terpanjangnya adalah 16
a. True
b. False
33. Hasil kuadrat dari 4 digit bilangan
a. banyaknya digit terbanyak adalah 8
b. semua benar
c. semua salah
d. dapat menghasilkan lebih dari 8 digit bilangan
e. hanya menghasilkan 8 digit bilangan yang baru
34. Banyaknya Ruang sampel pada pelemparan dua buah dadu adalah
a. 36 buah
b. tidak ada yang benar karena nilai probability harusnya antara 0 dan 1
c. semua salah
d. 12 Buah
e. 6 Buah
35. Nilai kemungkinan munculnya "mata dadu 6" pada percobaan pelemparan sebuah dadu adalah
a. 66 buah
b. 1/6
c. 1
d. 6
e. 6/6
36. Sebuah peristiwa yang mungkin terjadi (bisa terjadi ataupun tidak terjadi) mempunyai nilai kemungkinan adalah
a. Semua Salah
b. antara 0 dan 1
c. 1
d. 0
e. 0.5
37. Sebuah peristiwa yang pasti terjadi mempunyai nilai kemungkinan adalah ....
a. 0.5
b. antara 0 dan 1
c. 1
d. 0
e. semua benar
38. Diketahui pada peristiwa binomial n=8; p=0,55; dan x=0,1,2,3,4,5,6,7,8 maka p(x=5) adalah ...
a. 0,2568
b. 0,0015
c. 0,1548
d. tidak ada yang benar
39. Probabilitas munculnya gambar pada percobaan pelemparan mata uang coin
a. 1
b. 0,1
c. 0,5
d. 0
40. Sebuah peristiwa bisa terjadi ataupun tidak tidak terjadi, nilai terjadinya sebuah peristiwa disebut Peluang (probability).
a. True
b. False
41. Banyaknya peristiwa yang mungkin dalam sebuah percobaan dinamakan Ruang Sampel
a. True
b. False
42. Variabel diskrit adalah nilai-nilainya diperoleh dari hasil mencacah/menghitung. sebagai contoh misal tinggi badan, waktu tunggu
a. True
b. False
43. Sebuah peristiwa yang mustahil terjadi mempunyai nilai kemungkinan adalah ....
a. 0,5
b. 1
c. semua benar
d. antara 0 dan 1
e. 0
44. Permainan (game) SIM City adalah termasuk katagori simulasi
a. Semua benar
b. Kontruksi dan manajerial
c. Militer dan strategi
d. Bisnis dan manajerial
e. Sport
45. Diketahui : Xn = 17X(n-1) + 43, dan m=100 maka X1 adalah
a. 4
b. 2
c. 0.02
d. 0,04
e. Salah semua
Terima kasih kak
BalasHapus