Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Jawaban Permodelan & Simulasi

Contoh Soal Jawaban Permodelan & Simulasi



1. Sistem adalah kumpulan komponen-komponen yang saling berinteraksi dan mempunyai tujuan,           berdasarkan definisi tersebut kumpulan buah-buahan (jeruk, apel, tomat semangka dll) termasuk         sebuah sistem

    a. True
    b. False

2. Bentuk sederhana dari sistem adalah

    a. Simulasi Model
    b. Simulasi
    c. Model
    d. Perilaku

3. Tujuan simulasi adalah untuk

    a. meneliti perilaku sistem
    b. melakukan percobaan menggunakan sistem yang sebenarnya
    c. tidak ada yang benar
    d. membuat permainan

4. Hasil simulasi dengan menggunakan model akan lebih akurat jika dibandingkan dengan                      menggunakan sistem yang sebenarnya
    a. True
    b. False


5. Secara umum tujuan dari permodelan dan simulasi yaitu

    a. Hiburan/Permainan (Game)
    b. Studi prilaku sistem (Behaviour)
    c. Untuk pelatihan (Training)
    d. semua benar


Baca Juga : Contoh Soal Komunikasi Data

Baca Juga : Contoh Soal RPL


6. Pada sistem penambahan jumlah penduduk termasuk katagori sistem Kontinyu
    a. True
    b. False


7. Ciri Sistem

    a. Situsi dan kondisi yang kompleks
    b. Mempunyai tujuan yang hendak dicapai
    c. semua benar
    d. Adanya sekumpulan elemen
    e. Adanya interaksi di antara elemen tersebut


8. Model Stokastik adalah katagori model yang perilakunya tidak pasti disebut juga model                       probabilistik
    a. True
    b. False

9. Jenis sistem di bawah ini

    a. sistem grafis
    b. Semua benar
    c. sistem fisik
    d. Sistem abstrak

10. Bentuk sederhana dari sebuah sistem di sebut simulasi

      a. True
      b. False

11. Yang termasuk karakteristik sistem dibawah ini adalah

    a. adanya boundary (batasan)
    b. adanya elemen
    c. semua benar
    d. input

12. Tipe-tipe Simulasi yaitu... kecuali

    a. Simulasi fisik berupa permainan
    b. Simulasi stokastik atau deterministik
    c. Simulasi dinamis atau statis
    d. Simulasi Kontinu vs Diskrit


13. Kumpulan elemen yang saling berinteraksi dan mempunyai tujuan disebut simulasi

     a. True
     b. False

14. Jika sebuah perusahaan dikatakan sebuah sistem, maka yang termasuk lingkungan sistem adalah,        kecuali

    a. Supplier
    b. Pesaing (perusahaan yang sejenis)
    c. Karyawan
    d. Pelanggan

15. Model yang dibangun berdasarkan pemikiran ke sistem-an yang baik, belum tentu akan menghasilkan simulasi yang baik

     a. True
     b. False

16. Sistem deterministik adalah sebuah sistem yang mempunyai perilaku tidak dapat di prediksi. Dengan kata lain sebuah sistem yang tidak pasti karena input, proses, dan outputnya tidak jelas.

     a. True
     b. False

17. Jika diketahui m=16, c=3, a=1 maka siklus terpanjangnya adalah ..

    a. 64
    b. 16
    c. 32
    d. 4

18. Penomena acak yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari antara lain...
    a. Semua benar
    b. Peluruhan Radio aktif
    c. undian pada dadu
    d. Terjadinya gangguan telepon

19. Penggunaan angka acak diantaranya untuk perjudian

    a. True
    b. False
20. 11 modulus 15 adalah

    a. 15
    b. 4
    c. 11
    d. Tidak ada yang benar

21. Yang berkaitan dengan angka acak diantaranya Kriftografi

     a. True
     b. False

22. 8 modulus 3 adalah..

    a. 5
    b. 4
    c. 3
    d. 2

23. model bilangan acak yang baik adalah mempunyai siklus yang relatif pendek agar mudah untuk          dipelajari

    a. True
    b. False

24. Hanya satu-satunya pengunaan bilangan acak yaitu untuk simulasi

    a. True
    b. False

25.Jika m = 64, a = 13, X0 = 3 maka siklus terpanjang pada model tersebut adalah...

    a. 32
    b. 16
    c. 8
    d. 64

26. Jika di ambil angka awal 5678 maka dengan metode mid square diperoleh angka acak                           pertamanya adalah

    a. 0,32239684
    b. 32239684
    c. 2396
    d. 0,2396

27. Metoda Mid Square salah satu langkahnya adalah mengkuadratkan 8 buah bilangan dan hasilnya        dibagi dengan 10000

    a. True
    b. False

28. Jika m=8, c=3, a=3, dan nilai Xo = 5 maka X1 adalah

    a. Tidak ada yang benar
    b. 7
    c. 24
    d. 32

29. Diketahui : Xn = 17X(n-1) + 43, dan m= 100 maka X1 adalah:

    a. 4
    b. 0.04
    c. 0.02
    d. 2

30. Bilangan acak ke dua dari metoda MID SQUARE dengan angka awal 5678 adalah

     a. 5740816
     b. 0,7408
     c. 0,4081
     d. 54878464

31. Kelemahan metoda MID SQUARE adalah jika mendapatkan hasil kuadrat lebih dari 8 digit

    a. True
    b. False

32. Jika m=8, c=3, a=3, dan nilai Xo = 5 maka siklus terpanjangnya adalah 16

    a. True
    b. False

33. Hasil kuadrat dari 4 digit bilangan

      a. banyaknya digit terbanyak adalah 8 
      b. semua benar
      c. semua salah
      d. dapat menghasilkan lebih dari 8 digit bilangan
      e. hanya menghasilkan 8 digit bilangan yang baru

34. Banyaknya Ruang sampel pada pelemparan dua buah dadu adalah

      a. 36 buah
      b. tidak ada yang benar karena nilai probability harusnya antara 0 dan 1
      c. semua salah
      d. 12 Buah
      e. 6 Buah

35. Nilai kemungkinan munculnya "mata dadu 6" pada percobaan pelemparan sebuah dadu adalah

      a. 66 buah
      b. 1/6
      c. 1
      d. 6
      e. 6/6

36. Sebuah peristiwa yang mungkin terjadi (bisa terjadi ataupun tidak terjadi) mempunyai nilai                    kemungkinan adalah

      a. Semua Salah
      b. antara 0 dan 1
      c. 1
      d. 0
      e. 0.5

37. Sebuah peristiwa yang pasti terjadi mempunyai nilai kemungkinan adalah ....

      a. 0.5
      b. antara 0 dan 1
      c. 1
      d. 0
      e. semua benar

38. Diketahui pada peristiwa binomial n=8; p=0,55; dan x=0,1,2,3,4,5,6,7,8 maka p(x=5) adalah ...

        a. 0,2568 
        b. 0,0015
       c. 0,1548
       d. tidak ada yang benar

39. Probabilitas munculnya gambar pada percobaan pelemparan mata uang coin

        a. 1
        b. 0,1
        c. 0,5 
        d. 0

40. Sebuah peristiwa bisa terjadi ataupun tidak tidak terjadi, nilai terjadinya sebuah peristiwa disebut            Peluang (probability).

    a. True
    b. False

41. Banyaknya peristiwa yang mungkin dalam sebuah percobaan dinamakan Ruang Sampel

    a. True
    b. False

42. Variabel diskrit adalah nilai-nilainya diperoleh dari hasil mencacah/menghitung. sebagai contoh               misal tinggi badan, waktu tunggu

    a. True
    b. False

43. Sebuah peristiwa yang mustahil terjadi mempunyai nilai kemungkinan adalah ....

       a. 0,5
       b. 1
       c. semua benar
       d. antara 0 dan 1
       e. 0

44. Permainan (game) SIM City adalah termasuk katagori simulasi

       a. Semua benar
       b. Kontruksi dan manajerial
       c. Militer dan strategi
       d. Bisnis dan manajerial
       e. Sport

45. Diketahui : Xn = 17X(n-1) + 43, dan m=100 maka X1 adalah

       a. 4
       b. 2
       c. 0.02
       d. 0,04
       e. Salah semua
JSI-Tech Solution
JSI-Tech Solution Penyedia Jasa Setting alat jaringan di Bandung.

1 komentar untuk "Contoh Soal Jawaban Permodelan & Simulasi"